Pages

curhat dong mah!

Assalamualaikum,
Belakangan ini situasi di Indonesia lagi bener bener panas dan chaos. Mulai dari kasus dugaan penistaan agama,sampe merembet ke acara bom bunuh diri .Kok kayanya makin kesini orang orang ga makin belajar introspeksi diri sendiri tapi cenderung menyalahkan orang lain. Disini bukannya saya sok wise atau sok sokan untuk netral yaa, yang pasti siapapun dia yang udah menyinggung agama yang saya anut sudah pasti orang tersebut bersebrangan dengan saya. Saya hanya ingin mengutarakan pendapat saya tentang kekacauan yang bener bener lagi happening banget waktu ini.

Singkat cerita kemarin setelah ada Aksi 411 yang sangat damai itu,ada aksi lanjutan di bulan Desember ini 212. Saya setuju dan mendukung banget adanya aksi ini selain aksi itu bener bener damai dan tertib,yaa karena apalagi coba ya karena ini adalah aksi dimana umat muslim mengutarakan isi hati mereka. Hal seperti ini tu wajar banget kok,satu contoh nih ya.. tiba tiba aja ada orang yang ga tau apa apa tentang kamu,tiba tiba bilang kalo kamu orang jahat,maling suka malak(misalnya), kamu pasti marah dong? nah kalo kamu lapor ke guru atau orang tua wajar wajar aja kan?. Nah ini sih menurut saya pokok permasalahannya ada orang sebagai pemeluk agama lain, yang ga ngerti agama Islam tapi melontarkan kata kata tersebut seolah olah dia mengerti apa makna dari Surat tersebut. Yang seharusnya bukanlah bagian kita mengomentari sesuatu yang kita sendiri tidak paham tentangnya. Saya menghargai agama lain, maka dari itu saya ga akan pernah mau ikut mengomentari apa yang saya tidak tahu tentang agama tersebut,karena saya tidak paham. Disini kita harus belajar bahwa lidah itu lebih tajam sebenernya daripada pedang, yang artinya kita mesti extra hati hati kalau bercakap. Entah itu dengan siapapum,dimanapun dan kapanpun juga. Jangan sampai ucapan yang kita lontarkan itu menyakiti hati orang lain,mending kalo orangnya cm 1 nah ini banyak men! 1 umat agama,wajar kan kalo aksi tersebut ada,karena ini juga semata mata agar kejadian seperti ini tidak terulang lagi.

Tapi ada juga sih orang yang ngaku agama Islam tapi malah mencibir saudrara seagamanya sendiri. Waktu itu saya liat instagram dan disitu komennya panas panas bgt,ada yang pro dan kontra. Yang kontra dengan parahnya malah nyalahin mereka yang lagi menuntut keadilan saat aksi tersebut dilaksanakan. Ada yang bilang ga berguna ada yang bilang hal yang ga pantes lah diucapkan smpe ngefitnah dibayar pake nasi kotak, ya sih pendapat orang berbeda beda tapi apa ga bisa jaga perkataan sedikit aja?. Lagi, masa agama sendiri di lecehkan kok malah marahin sodara sendiri kan aneh. Negara Indonesia adalah Negara demokrasi yang mana sah sah aja sih kalo ada demo. orang orang yang komentar aja yang lebay. Yang jadi akar masaalah sebenernya adalah kurangnya rasa persaudaraan antar beragama which is kita mustinya memperkuat ukhuwah supaya kita bisa bersatu dan ga terpecah belah. Coba aja liat sekarang kalo dimall ada cewe pake gamis,khimar hitam dan cadar pasti udah deh diliatin sampe bawah atas..dan mereka kaya sceptical gitu, padahal dia islam juga. Yah,pada dasarnya manusia jaman sekarang ini sifatnya kebanyakan judgemental, dia ga tau apa2 tapi main ngomentari aja..apalagi kalo urusan agama, pokoknya hal yang engga berjalan lurus sama kaya dia dikomentarin, disinisin, dinyinyirin. Kita boleh mengingatkan tapi sekedar mengingatkan itupun dengan cara yang tidak boleh menyakiti hati orang tersebut. Jadi sekali lagi jangan deh kita sebagai umat Islam memperburuk citra Islam,dengan tindakan tindakan yang tidak baik. karena sebenernya our attitude, more impressive than what we're saying. Toleransi, saling menghargai dan empati terhadap satu sama lain,dengan suku,agama atau ras manapun selama masih dalam syariat Islam saya rasa itu sah sah aja,malahan lebih banyak manfaatnya daripada berkomentar dan mencibir orang lain.

No comments:

Post a Comment

copyright © . all rights reserved. designed by Color and Code

grid layout coding by helpblogger.com